Monday, November 1, 2010

Fuel Consumtion

preangerplanter View Post

kalo dipanasin ya jelas ke kanan = konsumsi paling boros, soalnya mobil ga jalan, hehehee...

coba tuker gigi di RPM 1800 - 2000 aja bro..
oh iya, ada temen anak mesin yg cerita tentang teori.... apa itu namanya, ga inget, pokoknya kayak hukum kinetik mesin gitu lah, tanyanya mesti sama om andriboim atau om ncup yg basicnya memang anak mesin, kalo gak om olga yg basicnya fisika, hehehe....

intinya, ada rumus ajaib yg mengatakan bahwa di mesin mobil standar, posisi terbaik dan terefisien/efektif dari suatu mobil tercapai pada RPM 2000... walaupun secara spek torque-nya baru akan tercapai di 2800 atau 3000 misalnya... entah kenapa bisa, jangan tanya gw soalnya fisika gw jeblok asal lulus aja, hehehehee....

oh iya, nambahin, tadi baca2 lagi manual book yg m10, katanya di mesin BMW, posisi terefisien (85% dari torque maksimum, entah darimana angka ini didapat) untuk pindah gigi berdasarkan cc adalah:

316i & 318i = 1800 rpm
320i = 2800 rpm
325e = 1400 rpm
325 i = 1900 rpm
324d = 1300 rpm

itu itungan efisien lho, bukan efektif dalam artian untuk balapan...
efisien = fuel economic, beda dgn efektif maximum torque...

No comments:

Post a Comment