Sunday, November 21, 2010

[ASK] Mengatasi macet di tanjakan




Maaf nih agan2.. newbie mau bertanya... ane kan baru seminggu ini bawa mobil, tapi ane masih agak gugup klo ngadepin macet ditanjakan, dan jalur yg ane lewatin tiap hari berliku dan menanjak.. alhamdulillah sih jarang2 macet, tp klo pas bener macet gmn ya gan...

Makanya ane mau tanya cara mengatasi macet klo ditanjakan, dari teori yg ane tau sih ada 2 :

1. Pake 1/2 kopling
- Klo pake teknik ini ane kadang koplingnya terlalu ngangkat jd mobil mati, ato kopling kurang ngangkat jd cm bunyi gas doank...

2. Pake rem tangan
- ane kurang paham klo pake teknik ini, yg bener urutannya klo pas mau berhenti gmn ya?
a. Kopling -> Rem Kaki -> Rem tangan??
b. Kopling -> Rem tangan??


Dimohon bagi agan2 yg udah mantap dalam mengemudi mobil utk memberi tips2nya bagi newbie yg sedang belajar ini....
 
List Penerima cendol :

Quote:
Originally Posted by WEB3272 View Post
ijin jawab gan yg rem tangan

ketika tanjakan, trus tiba tiba berenti...
agan ngerem pake rem kaki di barengin dengan kopling di injek jg...
abis itu agan tarik rem tangannya... lalu masukin gigi dlm keadaan netral...

pas mo jln lagi...

agan masukin ke gigi 1, dan ketika mo jalan gas nya agak di gedein dikit pake perasaan + kopling di maenin setengah, dan pelan pelan rem tangannya di lepas gan...

di jamin mobil gk nge goyor ke belakang gan

semoga membantu
Quote:
Originally Posted by ndnd View Post
begini deh urutannya dari mau berhenti sampai mau jalan
pas mau berhenti(pasti bisa dong)
1.injek rem di barengi dengan kopling untuk netralin gear
2.lepas kopling
3.tarik rem tangan
4.tahan rem kaki kalo rem tangan ga kuat nopang beban mobil
-pas mau nanjak:
1.injek kopling dan rem
2.masukin ke gigi 1
3.lepasin kopling diimbangi dengan gas
4.turunin rem tangan secara perlahan...jalan dehh....
semoga bermanfaat
Quote:
Originally Posted by LaoFuZi View Post
om selalu melihat sudut tanjakan dan posisi kendaraan di depan ...

(1) kalo memang kondisi kendaraan di depan lebih kecil, terus ada "gelagat" tidak kuat nanjak, kalo memang masih memungkinkan, om selalu jaga jarak sekitar 1 - 2 mobil (gak peduli diklakson dari mobil / motor di belakang), tetapi jika tidak, om sekalian tempel ... jadi kalo sampe kendaraan tersebut mundur, paling nyender di bemper, impact-nya gak sekencang kalo mundur jauh ... dan bisa dibantu dengan "dorong gajah".

(2) kalo bawa mobil manual, jika kendaraan di depan berhenti, om nginjek pedal rem dan menginjak pedal kopling pada saat kendaraan mau berhenti. setelah mobil berhenti, tarik rem tangan, netralkan gigi, dan lepas pedal rem.

pada saat kendaraan mau bergerak, masukkan gigi 1 ... injak gas + angkat kopling pelan2 (sampe mendapatkan torsi yang cukup untuk mendorong kendaraan naik) sambil melepaskan rem tangan ....

(3) kalo matic pun sama. jika kendaraan di depan berhenti, injek pedal rem sampai kendaraan berhenti, tarik rem tangan, pindahkan gigi ke posisi P (park), baru lepas pedal rem.

pada saat kendaraan mau bergerak, injek rem (optional: karena ada beberapa kendaraan yang mengharuskan injek rem jika mau shifting dari P ke D), pindahkan gigi ke posisi D atau 2 (kalo tanjakannya masih landai), atau posisi L (jika tanjakannya cukup ekstrem), injek gas pelan2 sampai mendapatkan torsi yang cukup untuk mendorong kendaraan naik sambil melepaskan rem tangan.

(4) jika sudut tanjakannya cukup ekstrem dan gak yakin tenaga kendaraan cukup untuk menanjak (let's say seperti di cemorosewu atau naik ke kawasan kawah putih, terutama ke parkiran atasnya), lebih baik jaga jarak .... biarkan kendaraan di atas naik sampai posisi aman, baru kita naik dengan one-strike (sekali jalan), santai saja (crawling), jangan terlalu digas pol .... usahakan torsi kendaraan tetap cukup ....

sekedar pertanyaan, bukannya materi tanjakan ini salah satu materi yang diuji dalam ujian SIM? lantas kemaren ujian SIM-nya gimana hayooooooo ..............

 

No comments:

Post a Comment

Post a Comment