Thursday, November 25, 2010

Bensin Boros???

Quote:
Originally Posted by panning View Post
dear all

minta saran dan pendapatnya dong heehehe…

seperti yang gw bilang waktu itu, M40 gw ini kan buooorosss banget… waktu itu pas gw test hari sabtu minggu dengan kondisi jalanan lengang. ini M40 konsumsi bensinnya nyampe 1:5.5, tadinya mau langsung gw bawa ke bengkel cuman berhubung sabtu minggu kemarin2 ini lagi nggak bisa kemana2, Jadinya belom bisa ke bengkel dahhh hehehe…

nahhh kemarin sekalian gw peratiin tuh konsumsi bensin gw kalo gw bawa ke kantor… jarang2 sih gw bawanya, soalnya kantor gw lumayan deket dari rumah + macet pula hihihi… nahhh… itu konsumsi bensin percaya atau nggak percaya, dari penunjuk bensin hampir di angka 55 liter, sampe sekarang posisinya 30 liter lebih dikit. itu cuman untuk menempuk jarak sejauh 60-an km… atau dengan kata lain, konsumsi bensinnya 1:3 .

padahal kalo gw perhatiin, Air Flow gak bermasalah, tekanan ban juga (baru minggu kemarin gw kuras+isi nitrogen), cara bawa mobil juga nggak ngebejek2, dan ganti gigi di RPM 1800-2500-an dan masih sama seperti kemarin itu, saya sih curiganya tersangkanya ada pada injectornya yang kyknya sih kotor kali ya?.

nah kemarin2 kan sempet nanya2 tuh… dan akhirnya ada 3 pilihan buat ngobatin ini m40 yang demen minum bensin . pilihannya adalah ke Anugrah Motor Haji Nawi, om Mugent, atau ke tempatnya om Harry Lingga. nahhh… kalo menurut Mas bro disini diantara tiga tempat itu mendingan kemana ya? atau ada yang pernah bensinnya boros gini juga? trus dibawa kemanakah biar rada irit hehehe… gak ngarep bisa 1:10 sih. bisa dapet 1:8 juga udah puas ^^ tapi kalo beneran bisa dapet 1:10 sih seneng banget hahaha…

oh iye lokasi gw di Lebak Bulus, btw itu om tommy ada bengkel langganan di karang tengah? yang disebalah mana ya? bisa buat ngeberesin m40 gw juga kah? hehehe... enak nih kl deket

Quote:
Originally Posted by preangerplanter View Post
kalo ngukur harus dari awal banget:
- isi full tank di satu SPBU
- nol-kan tripmeter
- setelah beberapa hari (150-200 km) coba isi full tank lagi di SPBU yang sama dan mesin pompa yang sama..
- catat pengisian kedua berapa liter, itu jadi pembagi buat kilometer (jarak) yg tertera di tripmeter..


Jadi jgn percaya sama jarum penunjuk bensinnya itu tuh... kadang pelampung bensin suka nda bener.. klo ngikutnya ke sana sih m10 gw udah super boros kaleee, masak jarak 50 km jarumnya dari full 55 liter jadi tinggal 30, 25lt dalam 50 km = 1:2...??? hahahaha... setelah isi full ketauan ternyata ga segitunya, bensin yg habis ternyata masih normal, hitung2 setiap minggu masih di kisaran 1:7,8 - 1:8,3

coba dulu hitung yang benernnya ya om...
kalo 1:5-6 itu emang masih ga normal, coba uji emisi cek COnya berapa, HCnya berapa, dst...


Quote:
Originally Posted by preangerplanter View Post
hmm... yg waktu itu kan pengisiannya di SPBU yang berbeda yaah... kadang alatnya suka ga match walau di depan ada tulisan PASTI PAS... (susunya...? eheheheee)

iya, coba aja CO dulu, bagusan kalo bisa di bengkel yg rada ngarti kalo CO-nya M40 masih bisa distel tapi kudu sabar..

M10 & M40 standar maksimum CO 1,25% ...
kalo bisa mintain printout or catet aja seluruh hasil pengukurannya, dari mulai CO, HC, O2 dan Lambda, itu aja yg utama sih..

Btw, lagi, namanya mobil lama, kalo CO-nya ga sesuai standar maksimum di atas ya wayahna, apa boleh buat... yg penting Lambdanya aja bisa mendekati angka 1,000 (plus minus 0,05, artinya masih ok kalo di kisaran 0,95 - 1,05)
Quote:

ini hasil check emisi kmrn : -yg baik =hasil si'item
co 5,61% - seharusnya 1% = kurang
co2 12,2% - seharusnya 13-15% = kurang
hc 0390 ppm - seharusnya 200-250 = lebih
02 0,79% - yg baik kurang dari 1% = baik
lambda 0,874 - seharusnya 0,960-0,999 = kurang

hasil keseluruhan perlu diservice..tune up engine
gt dech...

Quote:
Originally Posted by preangerplanter View Post
Quote:
Originally Posted by panning View Post
thanks om infonya, eh iya, mau tanya lagi dong ehhehe

fungsi CO itu sebenernya gimana ya? misalnya kalo kelebihan mesin jadi gimana dan kalo kekurangan mesin jadi gimana dan efek ke konsumsi bensinnya jadi gimana?

eeheeehhe... maap yak banyak nanya hihihi... nubie abis soalnya ^^
CO mah sisa pembakaran aja, jadi dari hasil2 pembakaran itu biasanya ada unsur2 yg akan tersisa, dari mulai karbon monoksida (CO), udara murni (O2), sampe hidrocarbon sisa bensin yg tidak terbakar (HC)...

CO tinggi tandanya campuran bensinnya agak banyak, sehingga gas sisa bensin akan keluar lebih banyak (terbaca lebih banyak). Biasanya ini ntar berkaitan dgn HC tinggi (kalo CO cendrung berupa gas, nah HC ini cendrung berupa gas yg belum sempurna, jadi kayak partikel super mini akibat bensin yg tidak terbakar seluruhnya, atau ada lapisan carbon/kerak yg terbawa keluar)
Quote:
Originally Posted by panning View Post
barusan muter2 liat2 hasil emisi yang bagus itu seperti apa, nemunya ini :

co yang ideal = sekitar 1%
co2 yang ideal = 13-15%
hc yang ideal = 200-250
02 yang ideal = kurang dari 1%
lambda yang ideal = 0,960-0,999

mohon koreksinya ya... ^^ dan apakah itu berlaku untuk semua jenis mobil? atau beda? kalau beda untuk M40, idealnya hasil uji emisinya berapa ya?
Quote:
Originally Posted by diablo_reaper View Post
setiap mobil beda bos, kalo m40 co segitu udah bagus. usahain 1.2%.
Iya, utk M40 maksimal 1,2% itu dgn catatan semua udah ok standar pabrik...
sebetulnya yg paling penting itu Lambda mobil = 1 aja, itu aja dikejarin...

Kalo dgn Lambda 1 CO-nya lebih, berarti kondisi mesin memang ada yg kurang bener... bisa dilacak, liat bagian mana yg paling tinggi, apakah CO, HC, ato apa gitu..

Yg care dengan CO itu sebetulnya para pencinta alam dan kesehatan aja sih, jadi makin rendah CO makin berkurang zat karbon yg beredar di bumi, konon mengurangi percepatan thd pemanasan global dan dunia menjadi lebih layak dihuni, bla..bla...blaa......

Kalo orang bengkel yg penting Lambda = 1 itu aja setting optimal mesin yg di tengah2 antara efisien dan efektif kerja mesin... kcwali kalo mo balapan, Lambda berubah ya biarin aja, ehehehee....

Quote:
Originally Posted by eri_schumy View Post
kenalpot keluar bukan jaminan kompresi masih bagus om...kenalpot keluar air menandakan campuran bahan bakar sudah pas..Co sudah tepat setelannya.
sudah pas setelan utk keadaan idle mesin...tapi kalau udah jalan lain lagi urusannya.

makanya dulu punya saya co udah bagus pas banget, knalpot keluar air..tapi yaitu gak jaminan jd irit.

kesimpulannya gini om...mobil irit pasti stelan Co bagus tapi sebaliknya Co bagus bukan jaminan mobil pasti irit..krn saat jalan mesin dapet beban bukan kaya mesin idle
Nah ini, knalpot keluar air berarti campuran udara dan bensin sempurna (lambda mendekati 1), bener itu...
tapi bukan berarti CO-nya bagus lhooo, ehehehe... bisa aja karena kondisi mesin, maka Lambda = 1 itu diperoleh justru dgn CO yg nilainya tinggi or rendah gitu, tergantung kondisi mesin, pengapian, dan bbrp komponen juga itu sih...

Quote:
Originally Posted by tommy_hw View Post
jgn yg ke karang tengah dulu deh bisa dalem dan mobil lama....

klo nyari yg deket ke track auto bimmer aja...

minta tune up dan kuras total plus bersih2 dan setting sepanjang jalur ruang bakar dan bensin plus jalur udara, termasuk selang2...smoga bisa beres
Quote:
Originally Posted by harrymulya View Post

dah pernah test emisi gak Om? or cek pembakaran kepala businya warnanya apa hitam coklat abu2 kah.ini paling gampang..jadi lebih enak pin point masalah kenapa boros klo soal drive train khan beres yah tekanan ban pas, rem gak ada yang macet bearing2 oke.

pake therstat berapa derajat juga ngaruh temp pas mesin dah kerja berapa di indicator om.ini juga bs ngaruh ke konsumsi bbm loch, selain suppli bensin,udara dan pembakaran
Quote:
Originally Posted by tommy_hw
bisa kok dibikin sehat, dulu m40 gw aja normal 1:8, kadang 1:9 macet2 buncit mampang...

gw skrg2 biasa di track auto bimmer yg di pondok pinang persis sebelah halte busway setelah shell itu...yg deket perempatan fedex

alternatif lain di kurnia jaya, di fatmawati, sebelom bekasnya showroom chevrolete, deket pom bensin petronas, depan toko ban yg ada patung kudanya...

Quote:
Originally Posted by panning
Quote:
Originally Posted by tommy_hw

nah gw tau tuh TAB yang sebelom halte busway itu... itu bagus ya bro? ada nomer telpnya nggak?

apa sabtu besok gw bawa kesitu aja ya? menurut lu gimana bro? mending gw bawa ke haji nawi apa kesitu aja? hihi... masih nubie banget nih gw... belom ngerti bengkel2 yang cocok ^^ hehehe...
bagus kok, alat2 cukup komplit dan gak terlalu ramai jadi buat diagnosa mesin2 kayak kasus bgini enak..krn bisa fokus dan gak buru2, pelan2 di cek satu2 dengan teliti...

gw sering kesana, ntar ketemu ama yg namanya tatang, bilang tau dari tommy...

klo anugrah itu rame apalagi sabtu minggu, bisa penuh, yg ada diagnosanya buru2 ato langsung ngasi rekomen ganti ini itu, dan kita gak bisa banyak diskusi ama montirnya krn kerja cepet...klo di TAB kan enak sambil di cek kita sambil ngobrol, nanya dan diskusi ama montir biar sama2 ngerti..tlpnya 7581 8511

ntar bilang ama tatang minta di cek total... klo ntar loe ragu boleh kok hasil diagnosanya di share ke gw biar gw bantuin

2 comments:

  1. Gan, nanya donk, ane baru pake e30 nih, kira2 untuk perawatan kapan kita harus ngelakuin tune up ya? sejauh ini si mobil ane fine2 aja dapetnya emang udah enak, kata bengkel tuh mobil ga ada PR si, perawatan yang bagus kita tune up per kapan ya?

    ReplyDelete
  2. M10 gw ??? Kyknya masih d 1:8 1:9 guys...kyknya Masi bnr engine-nya hehe...klo d hitung boros y sgituan deh rasanya tpi Masi irit dbnding Galant lele v6 it klo tgl setengah jarum bensin turun terus boss ampun deh wkk rasanya pengen isi bnsin terus tapi duit ga ad jd ngerii gann wkkk yg ideal nbung dulu deh buat bnsin jdi ga terlalu pasif buat soal kendaraan gtu...

    ReplyDelete